Analisis Perbandingan Hasil Metode Filtrasi Pasir dengan Penambahan Poly Alumunium Chloride (PAC) terhadap Kualitas Air Telaga Dusun Tanah, Katemas, Lamongan

Putri Dwi Pangestuty, Gading Wilda Aniriani, Marsha Savira Agatha Putri

Abstract


Air sebagai senyawa yang penting bagi kehidupan, salah satu sumber air yang banyak dikelola oleh masyarakat adalah sumber air telaga. Salah satu cara yang digunakan untuk mengolah air telaga tersebut adalah dibuatnya program yang disebut Pengolahan Air Minum (PAM) yang menggunakan metode filtrasi pasir. Pengolahan alternatif lainnya yakni secara kimiawi yang menggunakan koagulan Poly Aluminium Chloride (PAC). Pencampuran sampel air dengan koagulan PAC dilakukan menggunakan metode jar test. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan sampel KE dengan AT+PAC. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil analisis dibandingkan dengan standart baku mutu air bersih Permenkes No. 32 Tahun 2017 dan Permenkes No. 492 Tahun 2010. Hasil penelitian dari dua perlakuan (KE, AT+PAC) seluruhnya memenuhi standart baku mutu hal tersebut didukung dengan penurunan hasil pengujian kualitas air meliputi kekeruhan sebesar 5.68 NTU, TSS 16.5 mg/L, Fe 0.55 mg/L, dan kesadahan 20 mg/L.

Kata kunci: Air telaga, Air hasil olahan existing, PAC, Jar test.


Keywords


Air telaga, Air hasil olahan existing, PAC, Jar test.

References


Hendrawati, Sumarni, S., Nurhasni., (2015). Penggunaan Kitosan sebagai Koagulan Alami dalam Perbaikan Kualitas Air Danau. Jurnal Kimia Valensi, Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 1(1): pp.1-1.

Hevi, S. (2015). Pemanfaatan Zeolit Sebagai Zat Penyerap Pada Proses Pengolahan Air Gambut Dengan Mengkaji Pengaruh Penambahan Zeolit Dan Poly Aluminium Chloride (PAC). Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Husaini,Stefanus, S., Cahyono, dkk., (2018). Perbandingan Koagulan Hasil Percobaan Dengan Koagulan Komersial Menggunakan Metode Jar Test. Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara. 14(1): pp.31-45.

Mayasari, R., Hastarina, M., (2018). Optimalisasi Dosis Koagulan Aluminium Sulfat Dan Poli Aluminium Klorida (PAC) (Studi Kasus Pdam Tirta Musi Palembang). Jurnal Integrasi. 3(2): pp.28-36.

Noviani, H. (2012). Analisis Penggunaan Koagulan Poly Aluminium Chloride (Pac) Dan Kitosan Pada Proses Penjernihan Air Di Pdam Tirta Pakuan Bogor. 64.

Prasetya, P., E., Saptomo, S., K., (2018) Perbandingan Kebutuhan Koagulan Al2(So4)3 dan PAC Untuk Pengolahan Air Bersih Di WTP Sungai Ciapus Kampus IPB Dramaga. Jurnal Bumi Lestari, 18(2); pp.75-87.

Rahimah, Z.,Heldawati, H., Syauqiah I., (2016). Pengolahan Limbah Deterjen Dengan Metode Koagulasi Flokulasi Menggunakan Koagulan Kapur Dan PAC. Jurnal Konversi, 5(2): pp.52-59.

Quddus, R., (2014). Teknik Pengolahan Air Bersih Dengan Sistem Saringan Pasir Lambat (Downflow) Yang Bersumber Dari Sungai Musi. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(4): pp.669-675.




DOI: https://doi.org/10.30736/5ijev.v5iss2.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Litbang Pemas - Universitas Islam Lamongan

Jalan Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur


Supported by:

Relawan Jurnal Indonesia



Creative Commons License


Jurnal EnviScience is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.