ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. “N” P2002 HARI KE-3 DENGAN BENDUNGAN ASI DI PUSKESMAS LAMONGAN TAHUN 2016

Authors

  • Husnul Muthoharoh Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v8i2.13

Abstract

Bendungan ASI merupakan sumbatan pada saluran ASI yang tidak dikosongkan seluruhnya dan sering terjadi pada hari ke-2 atau ke-3 ketika payudara telah memproduksi air susu. Dari data Puskesmas masih terdapat angka ibu nifas dengan bendungan ASI 16,5%.

Tujuan penelitian ini adalah mendapat gambaran tentang penatalaksanaan Asuhan kebidanan komprehensif pada Ny. “N†P2002 hari ke-3 dengan bendungan ASI di Puskesmas Lamongan.

Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan hasil penelitian ini adalah deskripsi observasional yang dilaksanakan dengan pendekatan kohort mulai dari kehamilan sampai kontrasepsi diperoleh dari wawancara, pengkajian data primer, sekunder, pemeriksaan fisik.

Hasil penelitian didapatkan bahwa masih banyak ibu nifas yang mengalami kejadian bendungan ASI, terdapat kesenjangan antara teori dan fakta pada pengkajian suhu tubuh. Pengkajian suhu tubuh pada ibu nifas dengan bendungan ASI harusnya meningkat menjadi > 38 oC.

Upaya yang dapat dilakukan pada ibu untuk mengatasi bendungan ASI dengan cara melakukan perawatan payudara, mengompres payudara menggunakan air hangat ± 5 menit, serta mengajari ibu cara menyusui yang benar.

Keywords: Asuhan Kebidanan, Bendungan ASI, Post partum

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Muthoharoh, H. (2018). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. “N” P2002 HARI KE-3 DENGAN BENDUNGAN ASI DI PUSKESMAS LAMONGAN TAHUN 2016. Jurnal Midpro, 8(2), 6 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v8i2.13

Most read articles by the same author(s)