HUBUNGAN PARITAS DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN (Studi di BPS Subiyana, Amd.Keb Kab. Lamongan)

Authors

  • Fitriana Ikhtiarinawati Fajrin Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v9i1.14

Abstract

Cemas merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan perasaan ketakutan yang disertai dengan tanda somatik yang menyatakan terjadinya hiperaktifitas system syaraf otonom. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan antara lain Usia, paritas, pendidikan, pengalaman, sosial budaya serta dukungan dari keluarga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan paritas dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan.

Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan desain penelitian cross sectional yang pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan simple random sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengidentifikasi paritas, tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan kemudian menganalisa data dengan menggunakan uji rank spearman.

Keywords: Paritas, Tingkat Kecemasan, Trimester III, Persalinan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Fajrin, F. I. (2018). HUBUNGAN PARITAS DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN (Studi di BPS Subiyana, Amd.Keb Kab. Lamongan). Jurnal Midpro, 9(1), 10 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v9i1.14

Most read articles by the same author(s)