HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN KETERATURAN KUNJUNGAN ANC

Authors

  • Eka Sarofah Ningsih Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.19

Abstract

Pendidikan ibu hamil sangat penting dalam merespon perubahan setiap individu pada masa kehamilan. Didapatkan masih rendahnya cakupan K4 di BPS Dwenti. Bila semakin tinggi pendidikan seseorang, maka makin banyak pengetahuan yang dimiliki sehingga perlu menganalisa hubungan tingkat pendidikan ibu hamil trimester III dengan perilaku keteraturan kunjungan ANC. Hal ini sesuai dengan teori yang diungkapkan Soekidjo.

Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan crosectional.Jumlah sampel dalam penelitian ini 32 ibu hamil, sebagai sampel 30 responden. Dengan tehnik randem sampling. Variabel independen ini merupakan tingkat pendidikan ibu hamil Trimester III, dan variabel dependennya keteraturan kunjungan ANC Trimester III. Analisa penelitian dengan uji Coefisien kontigensi, instrumen penelitian ini dengan cheklist. Dengan tingkat kemagnaan P < 0,05.

Hasil penelitian didapatkan menurut tingkat pendidikan diperoleh hasil tertinggi berpendidikan dasar sebanyak (60%), dan menurut keteraturan ANC tertinggi tidak teratur ANC sebanyak (66,67%), hubungan pendidikan dengan keteraturan ANC tertinggi berpendidikan dasar sebanyak (85,0%). Hasil di uji dengan koefisien kontigensi dengan tingkat kemagnaan 0,000 dengan klasifikasi p < 0,05, artinya H0 ditolak.

Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu hamil trimester III dengan keteraturan kunjungan ANC. Semakin tinggi pendidikan seseorang akan mempengaruhi perilaku seseorang untuk melakukan kunjungan maka pendidikan harus ditingkatkan pada seluruh masyarakat khusus ibu hamil.

Keywords: Tingkat pendidikan, keteraturan kunjungan, ibu hamil

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Ningsih, E. S. (2018). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN KETERATURAN KUNJUNGAN ANC. Jurnal Midpro, 9(2), 5 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.19