HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR (Studi Di BPS Dwenti K.R. Desa Sumberejo Kabupaten Lamongan 2015)

Authors

  • Ida Susila
  • Triana Riski Oktaviani

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v7i2.27

Abstract

Kontrasepsi suntik adalah obat pencegah kehamilan yang pemakaiannya dilakukan dengan jalan menyuntikan obat tersebut pada wanita subur. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi KB suntik, mengidentifikasi Berat badan pada akseptor KB suntik, dengan tujuan menganalisis hubungan kontrasepsi suntik dengan peningkatan berat badan akseptor.

Desain penelitian yaitu analitik observasional dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh akseptor KB suntik di BPS Dwenti Krudia. Variable dalam penelitian ini adalah hubungan kontrasepsi suntik dengan peningkatan berat badan akseptor. Tehnik pengambilan sampel dengan probability sampling dengan tehnik simpel random sampling.Sampel sebanyak 28 responden.

Dari hasil penelitian bahwa sebagian besar akseptor KB suntik mengalami peningkatan berat badan. Data yang diperoleh dianalisa analitik menggunakan uji koefisien phi menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian KB suntik dengan peningkatan berat badan. Dari hasil uji koefisien phi dengan SPSS didapatkan nilai rø=0,372 T hitung (3,877). Dan  p: 0,049 dimana <0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kontrasepsi suntik dengan peningkatan berat badan akseptor.

Dengan penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat dan menjadi masukan bagi lahan praktek dalam memberikan pelayanan KB suntik dan mengobservasi berat badan akseptor setiap kali kunjungan.

Keywords : Peningkatan Berat Badan, Aseptor KB Suntik

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-05-18

How to Cite

Susila, I., & Oktaviani, T. R. (2018). HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR (Studi Di BPS Dwenti K.R. Desa Sumberejo Kabupaten Lamongan 2015). Jurnal Midpro, 7(2), 8 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v7i2.27

Most read articles by the same author(s)