GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENARCHE (Studi di SD Negeri Wanar Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan Tahun 2015)

Authors

  • Ida Susila Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v8i1.5

Abstract

Menarche merupakan puncak proses perubahan fisiologis reproduksi yang harus dilalui perempuan pada masa pubertas sebelum perempuan tersebut memperoleh siklus menstruasi yang teratur. Hasil survey pendahuluan ditemukan bahwa sebagian gadis remaja mempersepsikan sebagai suatu keadaan sakit atau kelainan, sehingga sikap yang mereka munculkan adalah bingung, takut, sedih. Kondisi emosi ini akan menunjukkan pada prilaku depresi dimana gadis remaja akan mengurung diri, menarik diri dari pergaulan dan perubahan sikap yang membuat bingung orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan remaja putri tentang menarche pada siswi SD Wanar, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi seluruh remaja putri kelas V dan VI yang bersekolah di SD Negeri Wanar Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan, yang berjumlah 30 anak, teknik yang digunakan yaitu “non probability samplingâ€. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui kuisioner, data disajikan dalam bentuk tabulasi frekuensi yang terdiri dari data umum dan data khusus.

Hasil penelitian pengetahuan remaja putri tentang menarche menunjukkan bahwa responden yang mempunyai pengetahuan baik sebanya 13 responden (43%) cukup 14 responden (47%) kurang 3 responden (10%).

Simpulan dari penelitian ini adalah hampir sebagian yaitu 14 responden (47%). Saran dari peneliti bagi remaja putri adalah untuk lebih banyak menambah wawasan tentang kesehatan reproduksi dengan cara membaca buku kesehatan, terutama kesehatan repoduksi atau mengunjungi klinik kesehatan remaja.

Keywords: Pengetahuan, Remaja, Menarche

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Susila, I. (2018). GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENARCHE (Studi di SD Negeri Wanar Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan Tahun 2015). Jurnal Midpro, 8(1), 10 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v8i1.5