STUDI DISKRIPTIF TENTANG MOBILISASI DINI TERHADAP PENGELUARAN LOCHEA PADA IBU NIFAS HARI KE-4

Authors

  • Mariyatul Qiftiyah
  • Karimatul Ulya

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.56

Abstract

Masa nifas (puerperium) adalah masa setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Pada masa nifas terjadi perubahan fisiologi salah satunya adalah involusi uteri. Dalam proses involusi uteri terjadi pengeluaran lochea yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu mobilisasi dini. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui studi diskriptif tentang mobilisasi dini terhadap pengeluaran lochea pada ibu nifas hari ke-4 di BPM Asri dan Polindes Permata Bunda Tuban.
 
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh ibu nifas yang usia lebih dari 3 hari pada bulan Maret- Mei tahun 2018 diBPM Asri dan Polindes Permata Bunda Tuban. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu sebesar 32 responden. Variabel yang diteliti adalah mobilisasi dini dan pengeluaran lochea.
Hasil penelitian yang di laksanakan di BPM Asri dan Polindes Permata Bunda pada bulan Maret- mei dari 32 responden,sebagian besar 2l (65,62%) responden melakukan mobilisasi dini dengan cepat, dan sebagian besar 18 (56,25%) responden dengan pengeluaran lochea sesuai.

Dapat disimpulkan bahwa hampir sebagian besar ibu nifas melakukan mobilisasi dini dengan cepat dan dengan pengeluaran lochea sesuai. Sebaiknya dilakukan peningkatan mutu pelayanan disetiap instansi pelayanan kesehatan dengan selalu memberikan informasi tentang perubahan psikologis, fisiologis dan pengeluaran lochea pada ibu nifas.

Kata Kunci: Mobilisasi Dini, Lochea

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-07-16

How to Cite

Qiftiyah, M., & Ulya, K. (2018). STUDI DISKRIPTIF TENTANG MOBILISASI DINI TERHADAP PENGELUARAN LOCHEA PADA IBU NIFAS HARI KE-4. Jurnal Midpro, 10(1), 12–17. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.56