Perilaku Wanita Pekerja Seks Dalam Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS Di Kabupaten Tuban

Aris Puji Utami, Kharirotul Fikriyah

Abstract


Human Imunodeficiency Virus (HIV) and Acquired Imunodeficiency Syndrome (AIDS) merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar pada abad 21 sampai saat ini. Kasus HIV/AIDS terus melonjak salah satunya disebabkan adanya praktek prostitusi karena wanita pekerja seks (WPS) merupakan salah satu kelompok resiko tinggi tertular HIV/AIDS.

Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah wanita pekerja seks yang menjual jasa seksual dengan imbalan uang yang berada di Dusun Dasin Desa Sugiwaras Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban sejumlah lima oranng wanita pekerja seks. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan teknik wawancara terstruktur (structured interview).

Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar partisipan melakukan pencegahan penyebaran HIV/AIDS dengan cara penawaran dan penggunaan kondom pada pelanggan, akan tetapi ada beberapa partisipan yang tetap melayani pelanggan meskipun tanpa menggunakan kondom dengan alasan pelanggan tidak mau karena tidak enak dan tidak terasa saat berhubungan, partisipan mengaku tetap melayani pelanggan karena faktor ekonomi yang mereka alami. Dalam hal pengetahuan pencegahan penyebaran HIV/AIDS para partisipan tergolong masih kurang mengetahui dan kurang faham.

Untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS para wanita pekerja seks diharapkan selalu menawarkan penggunaan kondom kepada pelanggan, hal ini juga sebagai alat pelindung diri dari berbagai penularan penyakit kepada setiap pelanggan yang mereka layani.

Kata Kunci: Perilaku, Wanita pekerja seks, Upaya pencegahan HIV/AIDS


Keywords


HIV; Seksuality; Woman



DOI: https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 



Published By:

Vocational Program of Midwifery

Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur



Creative Commons License
JURNAL MIDPRO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.