Gambaran Faktor-Faktor (Dukungan Keluarga, Pengetahuan, Status Kehamilan Dan Jenis Persalinan) Yang Melatarbelakangi Kejadian Post Partum Blues Pada Ibu Nifas Hari Ke-7 (Di Polindes Doa Ibu Gesikharjo dan Polindes Teratai Kradenan Palang)

Authors

  • Mariyatul Qiftiyah

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.75

Abstract

Angka kejadian post partum blues di Asia cukup tinggi dan sangat bervariasi antara 26-85%, sedangkan di Indonesia angka kejadian post partum blues antara 50-70%. Jika post partum blues dibiarkan, dapat berlanjut menjadi depresi pasca melahirkan. Berbagai faktor yang dapat melatarbelakangi post partum blues adalah dukungan keluarga, pengetahuan, status kehamilan dan jenis persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor (dukungan keluarga, pengetahuan, status kehamilan, dan jenis persalinan) yang melatarbelakangi post partum blues pada ibu nifas hari ke-7 di Polindes Doa Ibu Gesikharjo dan Polindes Teratai Kradenan Palang.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian seluruh ibu nifas hari ke-7 di Polindes Doa Ibu Gesikharjo dan Polindes Teratai Kradenan Palang sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan EPDS (Edinburg Postnatal Depression Scale), variabel dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga, pengetahuan, status kehamilan, jenis persalinan dan kejadian post partum blues.

Hasil penelitian didapatkan bahwa hampir setengahnya responden (45,83%)mendapatkan dukungan keluarga kurang. Hampir setengahnya responden memiliki pengetahuan kurang (41,66%). Hampir seluruhnya responden(87,5%)direncanakanstatus kehamilan. Sebagian besar responden(75%) jenis persalinan normal dan setengahnya responden  (50%) mengalami post partum blues ringan.

Kesimpulan penelitian ini bahwa setengahnya responden mengalami post partum blues ringan mendapatkan dukungan keluarga kurang dan pengetahuan kurang. Sehingga masih diperlukan peran serta dukungan keluarga dalam mencegah faktor-faktor yang melatarbelakangi post partum blues pada ibu nifas hari ke-7, yaitu selalu memberikan dukungan kepada ibu post partum baik dukungan moral atau material dan diadakannya penyuluhan tentang dampak dan cara mengatasi post partum blues.

Kata Kunci :  Dukungan Keluarga, Pengetahuan, Jenis Persalinan, Status Kehamilan, dan Post Partum Blues

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-01

How to Cite

Qiftiyah, M. (2018). Gambaran Faktor-Faktor (Dukungan Keluarga, Pengetahuan, Status Kehamilan Dan Jenis Persalinan) Yang Melatarbelakangi Kejadian Post Partum Blues Pada Ibu Nifas Hari Ke-7 (Di Polindes Doa Ibu Gesikharjo dan Polindes Teratai Kradenan Palang). Jurnal Midpro, 10(2), 9–19. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.75