GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG NURISI DALAM PERSIAPAN LAKTASI DI RSIA AURA SYIFA KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Erna Rahmawati Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v11i1.87

Keywords:

Knowledge of Pregnancy, Nutrition, Preparation of Lactation

Abstract

Latar Belakang: Laktasi merupakan proses menyusui mulai dari produksinya ASI sampai bayi menghisap ASI.Memberikan ASI merupakan hal yang sangat baik untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan: Melihat dan menilai pengeahuan ibu hamil tentang nurisi dalam persiapan laktasi serta untuk mengetahui sejauh mana ibu mengeahui manfaat ASI. Metode:Dalam peneliian ini merupakan jenis penelitian deskriptif,tekhnik pengambilan sample  yang digunakan dalam peneliian ini adalah aksidental sampling.

Hasil: Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tentang nutrisi dalam persiapan laktasi  dikategorik pada tahap cukup,terlihat dari data yang diperoleh  sebanyak katerogi baik 7 responden (10,6%), 52 responden (78,7%) dan kategori kurang 7 responden (10,6%) dari 66 responden. Kesimpulan dan saran: Pemberian informasi oleh tenaga kesehatan yang berkaitan dengan persiapan laktasi masih kurang.Ini akan berdampak buruk pada pemberian ASI,hal ini terlihat dari daa d atas pengetahuan ibu hamil tentang  persiapan lakasi dikategorikan cukup. Perlu upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tenang persiapan laktasi guna menunjang pemberikan ASI eksklusif.

Kata Kunci: Pengetahuan ibu hamil,Nurisi Persiapan laktasi

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2019-06-15

How to Cite

Rahmawati, E. (2019). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG NURISI DALAM PERSIAPAN LAKTASI DI RSIA AURA SYIFA KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Midpro, 11(1), 8–11. https://doi.org/10.30736/midpro.v11i1.87