Gambaran Siklus Menstruasi Dilihat Berdasarkan Tingkat Kecemasan Pada Siswi MAN 1 Kota Madiun

Cintika Yorinda Sebtalesy

Abstract


Masa remaja adalah peralihan dari masa pubertas menuju masa dewasa. Selama periode ini anak remaja banyak mengalami perubahan baik secara fisik, psikologis, ataupun sosial. Di Indonesia prevalensi terkait gangguan kecemasan menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menunjukkan bahwa sebesar 6 % untuk usia 15 tahun ke atas atau sekitar 14 juta penduduk di  Indonesia mengalami gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala kecemasan dan depresi. Faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi antara lain berat badan, aktivitas fisik, stress dan kecemasan, diet, paparan lingkungan dan kondisi kerja.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan di MAN 1 Kota Madiun pada Januari-April 2017. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 95 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala gutman dan kuesioner HARS.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan pada siswi MAN 1 Kota Madiun paling banyak mempunyai tingkat kecemasan ringan dengan jumlah 58 siswi (61,1%), tingkat kecemasan sedang sejumlah 26 siswi (27,4%), tidak ada kecemasan sejumlah 9 siswi (9,5%) dan tingkat keceasan berat ada 2 siswi (2,1%). Mayoritas memiliki siklus menstruasi teratur yaitu sejumlah 52 siswi (54,7%) dan memiliki siklus tidak teratur dengan jumlah 43 siswi (45,3%).

Siklus ketika menstruasi dilihat berdasarkan tingkat kecemasan pada siswi MAN 1 Kota Madiun mayoritas responden mengalami siklus teratur dengan tingkat kecemasan ringan yaitu 34 responden (35,8%) pada saat menstruasi.

 

 

Kata Kunci : Siklus Menstruasi, Siswi, Tingkat Kecemasan




DOI: https://doi.org/10.30736/midpro.v11i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEBIDANAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 



Published By:

Vocational Program of Midwifery

Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur



Creative Commons License
JURNAL MIDPRO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.