Hubungan Pengetahuan Dan Persepsi Dengan Kunjungan K1 Di Puskesmas Tikung Kabupaten Lamongan

Lilik Darwati

Abstract


Pelayanan antenatal care terutama kunjungan K1 dilakukan pada usia kehamilan sebelum usia kehamilan 14 minggu. Namun di Desa guminingrejo dan Desa bangkalan pule kunjungan K1 sering kali terabaikan, hal ini kemungkinan berkaitan dengan pengetahuan dan persepsi ibu hamil yang kurang.

Desain penelitian ini menggunakan Analitik (Cross sectional), Populasinya ibu hamil berjumlah 39 orang dan sampelnya ibu hamil berjumlah 35 orang yang diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan, persepsi dan kunjungan K1. Instrumennya menggunakan kuesioner dan buku KIA. Analisis data menggunakan uji spearman rank  pada tingkat kesalahan (α) = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sebagian besar ibu hamil memiliki pengetahuan cukup 24 ibu hamil (68,6%) dan sebagian besar 28 ibu hamil (80,0%) memiliki persepsi positif dan sebagian besar 29 ibu hamil (82,9%) melakukan kunjungan K1. Berdasarkan hasil uji spearman rank didapatkan nilai koefesien korelasi 0,000 (p<0,005) artinya ada hubungan pengetahuan dengan kunjungan K1 dan nilai koefesien korelasi 0,001 (p<0,005) artinya ada hubungan persepsi dengan kunjungan K1 pada ibu hamil.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka Health Education  sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mengetahui pentingnya kunjungan pertama atau kunjungan K1 bagi  ibu hamil akan manfaatnya melakukan kunjungan K1.

 

Kata Kunci : pengetahuan,  persepsi, ibu hamil, Kunjungan K1


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/midpro.v11i1.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEBIDANAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 



Published By:

Vocational Program of Midwifery

Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur



Creative Commons License
JURNAL MIDPRO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.