Pemberian PGPR Indigen untuk Pertumbuhan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Varietas Lokal Tuban pada Media Tanam Bekas Tambang Kapur

Authors

  • hesti kurniahu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • sri wulan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • riska andriani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.30736/2ijev.v2iss2.68

Abstract

Kacang tanah (Arachys hypogaea L.) varietas lokal Tuban merupakan salah satu tanaman budidaya yang memiliki potensi ditanam pada lahan marginal bekas tambang kapur karena memiliki adaptasi yang tinggi pada kondisi kering dan alkali. Secara biologi, fisika dan kimia lahan bekas tambang kapur memiliki kesuburan tanah yang rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesuburannya adalah dengan menggunakan pupuk hayati yang adaptif  pada kondisi lahan bekas tambang kapur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi pemanfaatan PGPR dari tanaman pioneer yang tumbuh  di lahan bekas tambang kapur terhadap pertumbuhan vegetatif  kacang tanah (Arachys hypogaea L.) varietas lokal Tuban pada media tanam bekas tambang kapur. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan (25%, 50%, 75% dan 100%) dan satu kontrol (0%) masing-masing lima kali ulangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji MANOVA pemberian berbagai konsentrasi PGPR tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tinggi dan jumlah daun tanaman.  Sementara berdasarkan uji statistik korelasi Spearman memiliki korelasi yang signifikan terhadap warna daun. Semakin tinggi konsentrasi PGPR yang diberikan menghasilkan warna daun yang semakin hijau berdasarkan skala Leaf Colour Chart (LCC).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

hesti kurniahu, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Program Studi Biologi, FMIPA,Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

sri wulan, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Program Studi Biologi, FMIPA,Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

riska andriani, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Program Studi Biologi, FMIPA,Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

References

Febriyanti, Lilya Echa., Mintarto Martosudiro dan Tutung Hadiastono. 2015. Pengaruh Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap Infeksi Peanut Stripe Virus (PStV), Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah (Arachis hypogaea L. ) Varietas Gajah. Jurnal HPT. Vol. 3 (1):84-92.

Fitriyanti, Dini. 2017. Karakterisasi Bakteri Pelarut Fosfat dan Penambat Nitrogen dari Area Penambangan Batu Kapur. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Hidayat , Nurul. 2008. Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah (Arachis hypogeal L.) Varietas Lokal Madura pada Berbagai Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Fosfor. Jurnal Agrivigor. Vol. 1 (1):55-64.

Iswati, Rida. 2012. Pengaruh Formula Dosis PGPR Asal Perakaran Bambu terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Lyn.). Jurnal Agroteknotropika. Vol. 1(1):9-12.

Kamsurya, Marwan Yani. 2013. Pengaruh Senyawa Alelopati dari Alang-alang (Imperata cylindrica) terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Jagung (Zea Mays L.). Jurnal Bimafika. Vol 5: 566-569.

Kasno, Astanto dan Didik Harnowo. 2014. Karakteristik Kacang Tanah dan Adopsinya oleh Petani. Iptek Tanaman Pangan. Vol 9 (1):13-23.

Kurniahu, Hesti., Sriwulan., Riska Andriani. Aplikasi PGPR Rhizhosfer Graminae terhadap Pertumbuhan Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum.). Jurnal Pena Sains Vol 4(2):133-137.

Marom, Nailul., Rizal., dan Mochamat Bintoro. Uji Efektifitas Waktu Pemberian dan Konsentrasi PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) terhadap Produksi dan Mutu Benih Kacang Tanah ( Arachis hypogea L.). Jurnal Agriprima. Vol.1 (5):191-202.

Nasib, Samson Bin., Ketty Suketi., Winarso Drajad Widodo. 2016. Pengaruh Plant Growth Promoting Rhizobacteria Terhadap Bibit dan Pertumbuhan Awal Pepaya. Buletin Agrohorti. Vol. 4 (1):63-69.

Prayudyaningsih, Retno., dan Ramdana Sari. 2016. Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) dan Kompos untuk Meningkatkan Pertumbuhan semai Jati (Tectona grandis Linn.f.) pada Media Tanah Bekas tambang Kapur. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea. Vol. 5 (1):37-46.

Wahid, Abdul Salam.2003. Peningkatan Efisiensi Pupuk Nitrogen pada Padi Sawah dengan Metode Bagan Warna Daun. Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 22(4):156-161.

Wijaya, A. 2011. Pengaruh Pemupukan dan Pemberian Kapur terhadap Pertumbuhan dan Daya Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Disertasi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yanti, Melda., Indriyanto dan Duryat. 2016. Pengaruh zat Alelopati dari Alang-alang terhadap Pertumbuhan Semai Tiga Spesies Akasia. Jurnal Sylva Lestari. Vol. 4 (2):27-38.

PlumX Metrics

Published

2018-09-01

How to Cite

kurniahu, hesti, wulan, sri, & andriani, riska. (2018). Pemberian PGPR Indigen untuk Pertumbuhan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Varietas Lokal Tuban pada Media Tanam Bekas Tambang Kapur. Jurnal EnviScience (Environment Science), 2(2). https://doi.org/10.30736/2ijev.v2iss2.68

Issue

Section

Artikel