Pemanfaatan Ubi Jalar (Ipomea batatas) sebagai obat mabuk perjalanan

Eko Sulistiono, Eka Sarofah Ningsih

Abstract


Lamongan merupakan daerah yang cukup subur sebagai penghasil polo pendem. Salah satu polo pendem yang cukup banyak di hasilkan di lamongan yaitu ubi jalar. Ubi jalar yang dikenal dengan bahasa asing Ipomea batatas, selama ini hanya dimanfaatkan sebagai makanan ternak, keripik maupun di rebus sebagai penganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang tingi. Selain itu ternyata masih banyak kandungan dalam ubi jalar yang belum diketahui dan di manfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  zat yang terkandung dalam ubi jalar (Ipomea batatas), mengetahui dapat tidaknya ubi jalar (Ipomea batatas) dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk serta mengetahui nama zat yang terkandung dalam ubi jalar (Ipomea batatas) yang dapat dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk. Metode yang digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen karena melakukan eksperimen tentang kandungan zat yang terdapat pada Ubi Jalar (Ipomea batatas)  dan manfaatnya. Hasil dari penelitian Ubi jalar (Ipomea batatas) mengandung antioksidan. Kandungan kimia pada ubi jalar adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat, oligosakarida. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Ubi jalar (Ipomea batatas) dapat dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk perjalanan. Beta karoten dan kalium yang terkandung dalam ubi jalar (Ipomea batatas) yang dapat dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk perjalanan.


Keywords


ubi jalar, obat anti mabuk, beta karoten

Full Text:

Download PDF

References


Anonim. 2018. Manfaat Kalium Bagi Kesehatan, (Online), (http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-kalium-bagi-kesehatan-188.html), diakses 10 September 2018.

Ajuskoto. 2012. Mabuk Perjalanan: Penyebab, Tips Mencegah, dan Mengatasinya, (Online), (http://forum.kompas.com/travel/175296-mabuk-perjalanan-penyebab-tips-mencegah-dan-mengatasinya.html), diakses 10 September 2018.

Amri, Yasirli. 2012. Ubi Jalar, Sumber Karbohidrat Selain Nasi, (Online), (http://blog.jamujokotole.co.id/ubi-jalar-sumber-karbohidrat-selain-nasi.html), diakses 5 September 2019.

Azahari. 2011. Info Seputar Beta-Karoten (β-carotene), (Online), (http://forum.kompas.com/lapak-campur-sari/45632-info-seputar-beta-karoten-carotene.html), diakses 8 September 2018.

Brotodjojo, Linda Carolina. 2010. Semua Serba Ubi Jalar 25 Resep Olahan Ubi Jalar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Budiman, Iwan. Ubi Jalar ~ sweet potato (Ipomoea Batatas (L.) Lam.)~, (Online), (http://s3autumn.wordpress.com/ubi-jalar-sweet-potato-ipomoea-batatas-l-lam/), diakses 4 September 2018.

Juanda Js, Dede & Cahyono, Bambang. 2000. Ubi Jalar Budi Daya dan Analisis Usaha tani. Yogyakarta: Kanisius.

Mayus, Syahrial. 2013. Manfaat Ubi Jalar Ternyata Luar Biasa, (Online), (http://jaringnews.com/hidup-sehat/alternatif/41785/manfaat-ubi-jalar-ternyata-luar-biasa), diakses 4 September 2019.

Meg. 2013. Hindari Mabuk Perjalanan Dengan Cara-Cara Ini, (Online) (http://travel.kapanlagi.com/artikel/kesehatan/1234-hindari-mabuk-kendaraan-dengan-cara-cara-ini.html), diakses 5 September 2018.




DOI: https://doi.org/10.30736/4ijev.v4iss1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.