Analisis Pencemaran Air Sungai Akibat Dampak Limbah Industri Batu Alam di Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon

Authors

  • Diana Kamalia Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti

DOI:

https://doi.org/10.30736/6ijev.v6iss1.309

Keywords:

Pencemaran Air, Dampak, Batu Alam, Limbah Industri

Abstract

Sungai merupakan aliran air yang mengalir dan biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu permasalahan di sungai adalah timbulnya pencemaran air. Pembuangan limbah secara sembarangan ke sungai dapat mencemari air. Akibatnya munculnya beberapa dampak. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Depok yang terdapat sungai tercemari oleh limbah industri batu alam.  Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pencemaran air sungai akibat limbah industri batu alam. Penelitian ini dilaksanakan melalui survey dengan responden masyarakat di Kecamatan Depok. Sampel penelitian ini adalah masyakat di Kecamatan Depok yakni berjumlah 46 orang yang telah mengisi kuisioner. Indikator dalam penelitian ini ada tiga yakni: indikator dampak, indikator kualitas air, dan indikator sikap. Data penelitian ini di analisis menggunakan metode deskriptif berupa persentase yang menunjukkan persentase dari setiap indikator tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 23% pencemaran air yang disebabkan oleh limbah industri batu alam dapat menimbulkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi, 37% perubahan warna air sungai menjadi keruh akibat  tercemari oleh limbah industri batu alam, dan 58% masyarakat turut menjaga kebersihan sungai. Dengan demikian, walaupun keadaan sungai tercemar dan menimbulkan dampak tetapi masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan sungai.

Kata kunci: Pencemaran Air;Dampak; Batu Alam; Limbah Industri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marsudi S, Lufira RD. MORFOLOGI SUNGAI [Internet]. CV. AE MEDIA GRAFIKA; 2021.

Hakim, M, H dan Nur A. Analisis Dampak Pencemaran Air Sungai Kahung terhadap Ekonomi Masyarakat Desa Belangian. Ilmu Ekon dan Pembang [Internet]. 2020;3(2):344–5.

Hanny Vistanty ikha rasti juliasari agung budiarto januar arif fathurahman AM. Aplikasi limbah padat batu alam sebagai subtitusi fine agregsat paving blok, batako dan bhan semen. J Ris Teknol Pencegah Pencemaran Ind. 2016;7(1):2.

Ariyani Indrayati WS. Jurnal Geografi, Media Informasi Pengembangan Ilmu dan Profesi Kegeografian. 2016;13(1):60.

Pratiwi DY. Dampak Pencemaran Logam Berat (Timbal, Tembaga, Merkuri, Kadmium, Krom) terhadap Organisme Perairan dan Kesehatan Manusia. J Akuatek. 2020;1(1):59–65.

Arnop O, Budiyanto B, Saefuddin R. Kajian Evaluasi Mutu Sungai Nelas Dengan Metode Storet Dan Indeks Pencemaran. Nat J Penelit Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkung. 2019;8(1):16.

Jayusman I, Shavab OAK. Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. J Artefak. 2020;7(1):15.

Pratomo A. Analisa Pengaruh Partisipasi dan Kepuasan Pemakai Terhadap Kinerja dalam Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web di P3M Polban. Positif. 2017;3(2):65.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-31

How to Cite

Kamalia, D., & Sudarti, S. (2022). Analisis Pencemaran Air Sungai Akibat Dampak Limbah Industri Batu Alam di Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Jurnal EnviScience (Environment Science), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.30736/6ijev.v6iss1.309

Issue

Section

Artikel