Perbedaan Kadar Pemanis Buatan (Natrium Siklamat) pada Minuman Instan Rasa Cappucino, Choco dan Oreo di Kawasan Wonocolo Surabaya

Authors

  • Ary Andini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/3ijev.v3iss2.98

Abstract

Pemanis buatan merupakan bahan tambahan pangan yang dapat menyebabkan rasa manis pada pangan, tetapi tidak memiliki nilai gizi. Salah satu jenis pemanis buatan adalah siklamat biasanya digunakan dalam bentuk garam seperti natrium siklamat. Natrium siklamat bersifat mudah larut dalam air dan tahan terhadap panas. Penggunakan natrium siklamat yang telah di tetapkan Peraturan Meteri Kesehatan RI Nomor 722/Menkes/Per/IX/1988 yaitu 3 g/kg atau 3000 ppm. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya kadar pemanis buatan (Natrium-Siklamat) pada minuman rasa cappucino, choco dan oreo. Penelitian ini dilakukan di laboratorium kimia Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dilakukan pada bulan Januari sampai Mei 2019 dengan  menggunakan 14 sampel  pada berbagai varian rasa yaitu choco, oreo, dan original yang dijual di kawasan Wonocolo Surabaya. Analisis kadar natrium siklamat dilakukan dengan menggunakan metode spektrofometri. Berdasarkan hasil penelitian pada sampel  rasa cappucino, choco dan oreo didapatkan hasil positif tetapi masih dalam batas normal dengan rata-rata cappucino 0,035 ppm, choco 0,017 ppm dan oreo 0,020 ppm. Ketiga sampel menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada minuman cappucino, choco dan oreo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pada sampel minuman instan rasa cappucino terdapat kadar Na-siklamat dengan rata-rata 0,035 ppm.

Pada sampel minuman instan rasa choco terdapat kadar Na-siklamat dengan rata-rata 0,017 ppm.

Sampel oreo didapatkan hasil yang positif tetapi tidak melebihi batas maksimum penggunaan natrium siklamat dengan rata-rata 0,020 ppm.

Kadar Na-siklamat pada minuman instan rasa cappucino, choco dan oreo tidak terdapat perbedaan yang signifikan dikarenakan nilaip>0,0

Saran

Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan sampel tanpa penambahan es batu agar didapatkan hasil yang akurat.

REFERENSI

Atilah, S. 2018. Pengaruh Informasi Peringatan Terhadap Pengetahuan Produk, Motivasi dan Itensi Konsumsi Soft Drink Remaja. Skrips. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumsi Fakultas Ekonomi Manusia Institut Pertanian Bogor. Bogor

Handayani T, Agustina A. 2015. Penetapan Kadar Pemanis Buatan (Na-Siklamat) Pada Minuman Serbuk Instan Dengan Metode Alkalimetri. Jurnal Farmasi Sains dan Praktisi, Vol. 1, No. 1.

Musiam, S. Hamidah, M. Kumalasari, E. 2016. Penetapan Kadar Siklamat dalam Sirup Merah yang Dijual di Banjarmasin Utara. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Indonesia.Jurnal Ilmiah Ibnu Sina. Vol. 1. No.1

Rauf, P. N. Sudewi, S. Rotinsulu, H. 2017. Analisis Natrim Siklamat Pada Produk Olahan Kelapa Di Swalayan Kota Manado Menggunakan Metode Spektrofotometri Ultra Violet. Jurnal Ilmiah Farmasi. Vol. 6 No. 4.

Nuraini, S. 2016 Analisis Kandungan Bahan Tambahan Dilarang Pada pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di Sekolah Dasar Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal Analis Kesehatan. Vol 5, No. 1.

Nurfijrin R, Herlina A. 2018. Penetapan Kadar Natrium Siklamat Pada Minuman Ringan Kemasan Dengan Menggunakan Metode Spektrofotometri UV. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, Vol 4. No.1.

Partana, Fajar C. 2008. Kajian Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Stad Pada Mata Pelajaran Ipa Aspek Kimia Di SMP 2 Melati Sleman. Seri IPA Kimia 2. Quadra: Jakarta.

Putra A. 2009. Penetapan Kadar Siklamat dan Beberapa Minuman Ringan Kemasan Gelas Dengan Metode Gravimetri. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Padang.

Saad, A. 2014. A Review on Potential Toxicity of Artificial Sweeteners vs Safety of Stevia: A Natural Bio-Sweetner. University of Agriculture Faisalad, Pakistan. Journal of Agriculture and Healthcare. ISSN 2224-3208 (Papper) ISSN 2225-093x Vol. 4, No.15, 2014

Wibowotomo B. 2008. Pengembangan Metode Penetapan Kadar Siklamat Berbasis Kromatografi Cair Kinerja Tinggi Guna Diimplementasikan Dalam Kajian Paparan. Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-03-24

How to Cite

Andini, A. (2021). Perbedaan Kadar Pemanis Buatan (Natrium Siklamat) pada Minuman Instan Rasa Cappucino, Choco dan Oreo di Kawasan Wonocolo Surabaya. Jurnal EnviScience (Environment Science), 3(2), 9–16. https://doi.org/10.30736/3ijev.v3iss2.98