HUBUNGAN POSISI PERSALINAN DENGAN KEMAJUAN PERSALINAN KALA I FASE AKTIF PADA PRIMIGRAVIDA

Authors

  • Khusnul Nikmah Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.26

Abstract

Persalinan merupakan pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri) yang telah cukup bulan atau dapat hidup dilur kandungan melalui jalan lahir atau melalui jalan lain, dengan bantuan atau tanpa bantuan (kekuatan sendiri). Posisi persalinan sangat penting diperlukan karena dapat memberikan dampak yang samgat baik antara lain dapat memberikan kenyamanan dan berpengaruh pada proses persalinan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara posisi persalinan dengan kemajuan persalinan kala I fase aktifdi BPS â€Ananda †Desa Ploso Wahyu Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan.

Penelitian ini mengunakan desain analitik non probability sampling dengan populasi sebanyak 25 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu inpartu primigravida fisiologis. Besar sampel yang diperoleh dari 24 responden yang diambil dengan Consecutive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan partograf dengan variabel independent posisi persalinan dan variabel dependent kemajuan persalinan kala I fase aktif.

Hasil uji statistik Chi-square dengan hasil X² hitung (5,95) >X²tabel (3,841), tingkat kemaknaan dalam penelitian ini adalah α> 0,05 ada pengaruh yang bermakna antara variabel yang diukur. Dalam penelitian ini HI diterima sehingga ada hubungan antara posisi persalinan dengan kemajuan persalinan kala I fase aktif.

Semakin banyak ibu inpartu yang melakukan berbagai macam posisi persalinan khususnya posisi diluar tempat tidur maka semakin banyak ibu yang mengalami kemajuan persalinan kala I fase aktif Oleh karena itu rumah sakit atau BPS memperbolehkan berbagai macan posisi persalinan pada saat persalinan kala I fase aktif.

Keywords: Posisi persalinan, Kemajuan persalinan kala I fase aktif

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Nikmah, K. (2018). HUBUNGAN POSISI PERSALINAN DENGAN KEMAJUAN PERSALINAN KALA I FASE AKTIF PADA PRIMIGRAVIDA. Jurnal Midpro, 9(2), 6 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.26