HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP AKSEPTOR KB TENTANG ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR)

Khusnul Nikmah

Abstract


Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) merupakan pilihan kontrasepsi yang efektif, aman, dan nyaman bagi banyak wanita. Alat ini merupakan metode kontrasepsi reversibel yang paling sering digunakan di seluruh dunia dengan pemakai saat ini mencapai sekitar 100 juta wanita. Generasi terbaru AKDR memiliki efektifitas lebih dari 99% dalam mencegah kehamilan pada pemakaian 1 tahun atau lebih. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan sikap akseptor KB tentang Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) di Desa Karangagung Kecamatan Glagah.

Desain dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data didapatkan melalui angket yang berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang menjadi peserta KB di Desa Karangagung Kecamatan Glagah selama bulan Januari 2018 sampai Maret 2018 sebanyak 35 peserta KB, dengan sampel 32 orang ibu yang diambil dengan cara Simple Random Sampling. Variabel Independent adalah Pengetahuan ibu tentang AKDR sedangkan variabel dependentnya adalah sikap ibu terhadap AKDR. data dianalisa menggunakan uji Koofisiensi Kontingensi.

Hasil penelitian hampir sebagian responden berpengetahuan kurang sebanyak 13 responden (40,6%), berdasarkan sikap sebagian besar mempunyai sikap positif sebanyak  responden (68,8%). Hasil penelitian ada Hubungan antara pengetahuan dan sikap akseptor KB AKDR di Desa Karangagung kecamatan Glagah. Berdasarkan analisis uji Koofisiensi Kontingensi didapatkan p sebesar 0,001 < α (0,05)

Disarankan Bagi Akseptor KB Hasil penelitian ini diharapkan agar memberikan pengetahuan pada masyarakat terutama pada akseptor KB dan dalam upaya untuk meningkatkan keikutsertaan ibu terhadap Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)

Kata Kunci: Pengetahuan Ibu tentang AKDR, Sikap Akseptor terhadap AKDR




DOI: https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KEBIDANAN



 

 

 

 



Published By:

Vocational Program of Midwifery

Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur



Creative Commons License
JURNAL MIDPRO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.