Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia 18-36 Bulan

Authors

  • Eka Sarofah Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.80

Abstract

Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil atau buang air besar. Ibu yang tidak menerapkan toilet training sejak dini akan membuat orang tua semakin sulit untuk mengajarkan pada anak ketika anak bertambah usianya, anak tidak mandiri dan masih membawa kebiasaan mengompol hingga besar.

Penilitian ini ingin membuktikan apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat keberhasilan toilet training pada anak usia 18-36 bulan di Desa Tanjung Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan menggunakan observasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 responden dengan menggunakan teknik total populasi. Variabel yang diukur adalah pola asuh orang tua sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependenya keberhasilan toilet training pada anak usia 18-36 bulan.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sebagian besar orang tua menggunakan pola asuh demokratis, sedangkan tingkat keberhasilan toilet training sebagian besar anak sudah bisa melakukan toilet training dengan baik. Uji Statistik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik Non Parametrik Uji Chi Square didapatkan X2 hitung = 19,04 dan p value = 0.000 dimana p < 0,05 maka H0 ditolak sehingga H1 diterima yang artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat keberhasilan toilet training pada anak usia 18-36 bulan. Diharapkan ibu selalu melatih anaknya dalam toilet training dan menggunakan pola asuh yang tepat agar tingkat keberhasilan toilet training dapat tercapai.

Kata Kunci : Pola Asuh, Toilet Training, anak usia 18-36 bulan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-01

How to Cite

Ningsih, E. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia 18-36 Bulan. Jurnal Midpro, 10(2), 45–51. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.80