Pengaruh Dukungan Suami Terhadap Pengurangan Nyeri Persalinan Kala I

Authors

  • Lilik Darwati

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.83

Abstract

Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks dan janin turun ke dalam jalan lahir. Adanya proses tersebut menyebabkan persalinan disertai rasa nyeri. Hasil penelitian menunjukkan ibu yang diberi dukungan selama persalinan mendapatkan rasa aman dan nyaman dari keluargan yang lebih baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dukungan suami terhadap pengurangan nyeri persalinan kala I di BPM Lilik Doyomulyo Kembangbahu Lamongan. 

Desain penelitian termasuk analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua ibu bersalin kala I. periode Mei 2018. Sampel diambil sebagian ibu bersalin kala I dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik skala nyeri, observasi dan lembar chek list kemudian dianalisa secara deskriptif dan secara analitik dengan uji  Koefisien Kontingensi.

Didapatkan sebagian besar responden mendapat dukungan suami yaitu sebanyak 6 responden (60%) dan hampir setengahnya tidak mendapatkan dukungan suami yaitu 4 responden (40%). Setengah responden merasakan nyeri ringan yaitu 5 responden (50%), hampir setengahnya nyeri sedang yaitu 4 responden (40%), sebagian kecil nyeri berat yaitu 1 responden (10%) dari total 10 responden. Dari hasil analisis didapatkan ada pengaruh dukungan suami terhadap pengurangan nyeri persalinan kala I. (approx.Sig. 0,007 < 0,05) dengan pengaruh kategori positif dan cukup kuat (Contingency Coefficient + 0,707).

Disarankan agar petugas kesehatan selalu memberikan penjelasan kepada semua klien tentang pengaruh dukungan suami terhadap pengurangan nyeri persalinan kala I.

Kata Kunci : Dukungan Suami, Nyeri Persalinan Kala I

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-01

How to Cite

Darwati, L. (2018). Pengaruh Dukungan Suami Terhadap Pengurangan Nyeri Persalinan Kala I. Jurnal Midpro, 10(2), 71–78. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.83