Analisis Kualitas Air di Blumbang dan Pemanfaatannya oleh Masyarakat Akibat Dampak Pencemaran Air Sungai di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

Authors

  • Naili Afkarina Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Yushardi Yushardi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.30736/7ijev.v7iss1.458

Keywords:

Kata kunci, pencemaran air, dampak, kualitas air, masyarakat

Abstract

Pencemaran air akan berdampak pada kualitas air, dimana kualitas air bersih memiliki pengaruh yang krusial bagi kesehatan makhluk hidup. Tidak hanya air untuk dikonsumsi, air yang dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencuci baju, mandi dan lainnya haruslah memiliki kualitas air yang baik dan aman dari bakteri-bakteri berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas air di suatu sumber air menggunakan parameter fisika yaitu suhu, dan parameter kimia yaitu pH air, dimana sumber air ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci pakaian dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada sampel air sungai dan blumbang dengan pengukuran suhu udara luar, suhu air dan pH air. Analisis hasil percobaan yaitu dengan membandingkan hasil pengukuran dengan standar baku mutu air berdasarkan peraturan menteri kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, yaitu nilai pH air sungai dan blumbang berada di luar standar kadar maksimum, yaitu pH air blumbang sebesar 8,7 dan pH air sungai sebesar 8,8. Sedangkan untuk suhu air blumbang sudah memenuhi standar baku mutu yaitu selisih 3° C dengan suhu udara luar, akan tetapi untuk suhu di sungai memiliki selisih 4°C dengan suhu udara luar. Dapat disimpulkan berdasarkan penelitian yang dilakukan, berdasakan nilai pH dan suhu kualitas air sungai dan blumbang tergolong tercemar ringan.

Kata kunci : pencemaran air, dampak, kualitas air, masyarakat

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Morintoh, P., Rumampuk, J. F., & Lintong, F. (2015). Analisis Perbedaan Uji Kualitas Air Sumur Di Daerah Dataran Tinggi Kota Tomohon Dan Dataran Rendah Kota Manado Berdasarkan Parameter Fisika. Jurnal e-Biomedik (eBm), 3(1):424-429.

Situmorang, R., & Lubis, J. (2017). Analisis Kualitas Air Sumur Bor Berdasarkan Parameter Fisika Dan Parameter Kimia Di Desa Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan. JURNAL EINSTEIN: Jurnal Hasil Penelitian Bindang Fisika, 5(1): 17-23.

Artajaya, I. W., & Putri, N. K. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pencemaran Air Di Sungai Bindu. Jurnal Hukum Saraswati (JHS), 3(2): 122-135.

Yulistia, E. (2020). Dampak Kegiatan Masyarakat di Sempadan Sungai Terhadap Kualitas Air Sungai Ogan di Kota Baturaja Kabupaten OKU. UEEJ-Unbara Environment Engineering Journal , 1(1).

Aprilia, I. S., & Zunggaval, L. E. (2019). Peran Negara Terhadap Dampak Pencemaran Air Sungai Ditinjau Dari UU PPLH. Supremasi Jurnal Hukum, 2(1): 15-30.

Marsudi , S., & Lufira, R. D. (2021). Morfologi Sungai. Magetan: CV. Ae Media Grafika.

Ramadhani, L., & Sianturi, R. L. (2021). Dampak Limbah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Di Kecamatan Tanjung Morawa. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 2(1): 97-100.

Ritiau, Y. A., Agustin, V. L., Maharani, E., Angga, Z. B., Firmansyah, M. R., & Maulana, F. (2021). Analisis Dampak Pencemaran Sungai Terhadap Kesehatan Lingkungan Di Sungai Desa Cukir, Kabupaten Jombang. Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora 2021 (SemanTECH 2021), 134-141.

Harahap, A., Naria, E., & Santi, D. N. (2013). Analisis Kualitas Air Sungai Akibat Pencemaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah Batu Bola Dan Karakteristik Sertakeluhan Kesehatan Pengguna Air Sungai Batang Ayumi Di Kota Padangsidimpuan Tahun 2012. Lingkungan dan Kesehatan Kerja, 2(2).

Hasibuan, R. (2016). Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4(1): 42-52.

Tapilatu, E., Suyatna, I. N., & Sarna, K. (2017). Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan Hidup Yang Diakibatkan Oleh Sampah Ditinjau Dari Perda Denpasar Nomor 3 Tahun 2015. Fakultas Hukum Universitas Udayana, 5(5).

Yulia, T. (2021). Analisis Yuridis Penegakan Hukum Bagi Masyarakat Yang Membuang Sampah Sembarangan Di Dki Jakarta Sebagai Dampak Pencemaran Lingkungan Hidup. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7): 1209-1223.

Dewi, N. M. (2021). Analisa Limbah Rumah Tangga Terhadap Dampak Pencemaran Lingkungan. GANEC SWARA, 15(2): 1159-1164.

Setioningrum, R. N., Sulistyorini, L., & Rahayu, W. I. (2021). Gambaran Kualitas Air Bersih Kawasan Domestik di Jawa Timur pada Tahun 2019. Jurnal Ikesma, 16(2):87-94.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 32 tentang Standar Baku Kesehatan Lingkungan untuk Media Air untuk Keperluan Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Rachmah, D. F., & Muslichah, I. (2022). Dampak Resiko Umum pada Kepercayaan, Kepuasan dan Niat Merekomendasikan Makanan Halal di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(5): 89-108.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Bantul: Anak Hebat Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.68/Menlhk Setjen/2016 Tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik. Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-03-31

How to Cite

Afkarina, N., Sudarti, S., & Yushardi, Y. (2023). Analisis Kualitas Air di Blumbang dan Pemanfaatannya oleh Masyarakat Akibat Dampak Pencemaran Air Sungai di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Jurnal EnviScience (Environment Science), 7(1), 47–57. https://doi.org/10.30736/7ijev.v7iss1.458

Issue

Section

Artikel