Hubungan Pengetahuan dan Sikap Bidan dengan Perilaku Pencegahan Infeksi dan Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA)

Authors

  • Ice Marini Institut Medika Drg Suherman

DOI:

https://doi.org/10.30736/md.v11i2.105

Keywords:

Midwives, HIV, Prevention of infection

Abstract

Di Kabupaten Lebak sampai tahun 2017 terdapat 93 kasus HIV dan setiap tahun terjadi kasus penularan HIV dari ibu ke anak. Bidan beresiko tinggi tertular HIV saat menolong persalinan, petugas kesehatan harus menerapkan kewaspadaan universal (Universal Precautions) sebagai      upaya pengendalian infeksi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap bidan dengan perilaku  pencegahan infeksi dan Pencegahan penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) di Kabupaten Lebak.  Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan cross secsional. Jumlah sampel penelitian adalah 159  responden. Pengambilan sampel dengan stratified proposional random sampling yang dilakukan pada 30 Puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan, ketersediaan alat pelindung diri, pengawasan dan dukungan rekan kerja dengan perilaku pencegahan infeksi dan PPIA. Disarankan melakukan pelatihan tentang program PPIA agar pelaksanaanpelayanan   sesuai dengan pedoman PPIA nasional. Evaluasi terhadap pengadaan alat sarana dan prasarana pada bidan desa untuk menunjang perilaku pencegahan infeksi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-12-24

How to Cite

Marini, I. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Bidan dengan Perilaku Pencegahan Infeksi dan Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA). Jurnal Midpro, 11(2), 54–59. https://doi.org/10.30736/md.v11i2.105