Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Bersalin Normal di Polindes Permata Bunda Kelurahan Perbon Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban

Authors

  • Umu Qonitun
  • Betalia Betalia

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.76

Abstract

Kecemasan merupakan kondisi kejiwaan yang penuh dengan kekhawatiran akan apa yang mungkin terjadi. Seorang calon ibu sering kali dilanda kecemasan menghadapi masa persalinan. Kecemasan menimbulkan dampak secara fisik maupun psikis pada janin, ibu dan proses persalinan yang dijalaninantinya. Terapi murottal bisa memberikan solusi kapada ibu yang mengalami kecemasan pada saat proses persalinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi murottal terhadap tingkat kecemasan pada ibu bersalin normal di polindes Permata Bunda kelurahan Perbon kecamatan Tuban kabupaten Tuban.

Desain penelitian ini adalah Pre eksperimen dengan rancangan yang digunakan One group pre-post test.Dengan besar sampel penelitian 19 responden.Variabel independen dalam penelitian ini adalah terapi murottal, sedangkan variable dependen adalah tingkat kecemasan. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling, dan instrument pengumpulan data menggunakan observasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan nilai (α=0,001).

Berdasarkan hasil uji statistika menunjukan variable terapi murottal ada pengaruh  signifikan dengan tingkat kecemasan dengan p value = (<0,05). Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mencegah terjadinya kecemasan pada ibu menghadapi persalinan maka dapatdiberikan dukunganspiritual yaitu dengan memberikan terapi murottal serta ketrampilan dari tenaga medis sangat mempengaruhi kondisi psikologi sibu untuk menjalani proses persalinan.

Kata Kunci: Terapi murottal, tingkat kecemasan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-01

How to Cite

Qonitun, U., & Betalia, B. (2018). Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Bersalin Normal di Polindes Permata Bunda Kelurahan Perbon Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Jurnal Midpro, 10(2), 20–27. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.76