Pengolahan Limbah Cair di PMKS PT Sisirau Desa Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang

Authors

  • Wirda Hanim Universitas Samudra
  • Fadhliani Fadhliani
  • Sara Gustia Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.30736/4ijev.v4iss2.198

Abstract

Limbah cair kelapa sawit merupakan sisa hasil tanaman kelapa sawit yang tidak termasuk dalam produk utama atau hasil ikutan dari proses pengolahan kelapa sawit. Pengolahan Limbah cair yang dilakukan di pabrik pengolahan kelapa sawit terdiri dari ; pengolahan pada kolam fat pit, kolam pendinginan, kolam pembiakkan bakteri, kolam pengasaman, kolam perombakan anaerob, kolam aerob, kolam sedimentasi, dan yang terakhir land application. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sesaat (grab sampling). Analisisnya menggunakan uji kandungan BOD, COD, TSS, PH dan N-Total pada uji kandungan limbah cair kelapa sawit. Hasil penelitian membuktikan bahwa limbah cair  pabrik  kelapa  sawit  di  PMKS PT Sisirau sudah  memenuhi  standar  baku  mutu kualitas limbah  cair bagi kegiatan  industri  kelapa  sawit sesuai  dengan ketentuan Standarisasi Kep-51/MEN LH/1995, yaitu  nilai  BOD  kurang dari 100 mg/l. untuk nilai COD sudah  memenuhi standar baku mutu karena kurang dari 350 mg/l, Untuk nilai TSS sudah memenuhi standar baku mutu karena kurang dari 250 mg/l, dan nilai N-Total sudah memenuhi Baku mutu karena kurang dari 50 mg/l.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wirda Hanim, Universitas Samudra

biology

References

Pahan, I. 2007. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. 3. Jakarta (ID): Penebar Swadaya. 411 hal.

Fatimah. 2017. Teknologi Pengolahan Limbah Cair Kelapa Sawit. Depok : Penebar Swadaya

Nasution, D.Y,. 2004. Pengolahan limbah cair pabrik kelapa sawit yang berasal dari kolam akhir (final pond) dengan proses koagulasi melalui elektrolisis. Jurnal Sains Kimia. Vol 8(2): 38-40.

Ariadi H, D.Reni, Yulastri. 2013. Aplikasi Plasma Dengan Metoda Dielectric Barrier Discharge (DBD) untuk Pengolahan Limbah Cair Kelapa Sawit. Jurnal Ilmiah Online. Vol : 2 No 2.

Farida, H. 2009. Pengolahan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit dari Unit Dealing Ponds menggunakan Membran Mikrofiltrasi. Thesis Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Adrianto, A. Syarfi, Mellissa, A. 2011. Penyisihan Chemical Oksigen dan Produksi Biogas limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit dengan Bioreaktor hibrid Anaerob Bermedia Cangkang Sawit. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia Kejuangan. Yogyakarta.

Bob Subandi, Wiwin Dyah, Y.Th., Maria Astuti,. 2018. Pengaruh Aplikasi Limbah Cair Pabrik Dari Kolam Aerob Dan Anaerob Serta Jenis Tanah Terhadap Pertumbuhan Bibit Di Pre Nursery. Jurnal Agromast, Vol.3, No.1.

Sugiharto. 1987. Dasar-dasar Pengelolaan Air Limbah. Jakarta (ID) : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). 190 hal.

Sofiyanti, 2014. Pengunaan metode eksploratif dalam penelitian, Pustaka.

PlumX Metrics

Published

2020-09-29

How to Cite

Hanim, W., Fadhliani, F., & Wibowo, S. G. (2020). Pengolahan Limbah Cair di PMKS PT Sisirau Desa Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal EnviScience (Environment Science), 4(2), 67–76. https://doi.org/10.30736/4ijev.v4iss2.198