GAMBARAN FAKTOR STATUS PEKERJAAN, PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KUNJUNGAN POSYANDU BALITA USIA 0-5 TAHUN DI POSYANDU PEPAYA DUKUH KARANGREJO DESA TEGALREJO KECAMATAN MERAKURAK KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Mariyatul Qiftiyah Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.20

Abstract

Tingkat kehadiran balita dalam pelaksanaan penimbanagan balita ke posyandu masih jauh dari target bidan desa sebesar 80%. Berdasarkan buku register bidan di posyandu pepaya banyak balita yang tidak berkunjung secara rutin. Berbagai faktor yang mempengaruhi rendahnya kehadiran balita ke posyandu adalah faktor pengetauan, pekerjaan, pendidikan, umur balita, paritas, jarak, dukungan keluarga dan tokoh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor status pekerjaan, pendidikan dan dukungan keluarga terhadap kunjungan posyandu balita usia 0-5 tahun Di Posyandu Pepaya Dukuh Karangrejo Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Populasi penelitian seluruh keluarga balita usia 0-5 tahun di Posyandu Pepaya dukuh Karangrejo desa Tegalrejo Merakurak Tuban sebanyak 73 balita. Tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan buku register. Analisis data menggunakan univariat data disajikan dengan bentuk proporsi dan tabel silang.

Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden bekerja sebanyak 40 (66,7%). hampir seluruhnya responden berpendidikan rendah sebanyak 54 ( 90%). Sebagian besar responden yang mendapat dukungan cukup sebanyak 31 (52%). Sebagian besar responden berkunjung tidak rutin sebanyak 40 (66,7%). Sebagian besar kunjungan posyandu balita tidak rutin pada ibu bekerja 26 (65%). Hampir seluruhnya kunjungan posyandu balita tidak rutin berpendidikan rendah sebanyak 37 (92,5%). Sedangkan sebagian besar kunjungan posyandu balita tidak rutin mendapat dukungan cukup sebanyak 21 (52,5%).

Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa sebagian besar responden berkunjung tidak rutin karena banyaknya ibu bekerja dan pendidikan rendah. Oleh karena itu diharapkan petugas kesehatan mengadakan kelas ibu balita setiap bulan, memberikan multivitamin setiap datang ke posyandu, dan kegiatan lomba balita pada saat posyandu untuk meningkatkan kunjungan posyandu.

Keywords: Status Pekerjaan, Pendidikan, Dukungan Keluarga, Kunjungan Posyandu Balita

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Qiftiyah, M. (2018). GAMBARAN FAKTOR STATUS PEKERJAAN, PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KUNJUNGAN POSYANDU BALITA USIA 0-5 TAHUN DI POSYANDU PEPAYA DUKUH KARANGREJO DESA TEGALREJO KECAMATAN MERAKURAK KABUPATEN TUBAN. Jurnal Midpro, 9(2), 8 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.20