ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ”D” P2002 AKSEPTOR AKTIF SUNTIK 3 BULAN DENGAN MENOMETRORAGIA DI PUSKESMAS LAMONGAN TAHUN 2015

Authors

  • Kustini Kustini
  • Triana Riski Oktaviani

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v7i2.32

Abstract

Menometroragia merupakan perdarahan haid yang lebih banyak dan lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari). Di puskesmas Lamongan masih terdapat angka kejadian akseptor aktif suntik 3 bulan dengan menometroragia sebesar 1,3%.

Metode yang dipakai dalam penyusunan laporan hasil penelitian ini diskriptif observasi yang dilaksanakan dengan pendekatan kohort mulai dari kehamilan sampai dengan kontrasepsi yang digunakan saat ini melalui wawancara, pengkajian data primer, sekunder, pemeriksaan fisik, penunjang dan dilakukan pendokumentasian standar asuhan kebidanan SOAP.

Hasil asuhan kebidanan pada Ny “D†P2002 akseptor aktif suntik 3 bulan dengan menometroragia tidak terdapat kesenjangan antara tinjauan teori dan tinjauan kasus berdasarkan data subyektif, obyektif, analisa dan penatalaksanaan.

Berdasarkan hasil studi kasus diperoleh data bahwa pada menometroragia disebabkan karena ketidak seimbangan hormon yang mempengaruhi siklus haid, hal ini dikuatkan oleh teori dari Prawiroharjo (2008) bahwa faktor penyebab Menometroragia karena ketidak seimbangan hormone yang dapat mempengaruhi siklus haid, sebab-sebab organis perdarahan dari uterus, tuba, dan ovarium. Menometoragia  yang  dialami akseptor  kontrasepsi  suntik  maka  perlu  dilakukan  suatu  pemeriksaan lebih lanjut  untuk  mengetahui  sejauh  mana  pengaruh kontrasepsi  suntik  terhadap  gangguan  siklus  haid  yakni  Menometoragia (Prawiroharjo : 2008).

Peran petugas kesehatan dapat memberikan konseling dan asuhan kepada pasangan usia subur tentang penyebab Menometroragia untuk mendeteksi secara dini adanya Menometroragia.

Keywords: Menometroragia, Akseptor aktif, Hormonal 3 bulan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2015-12-01

How to Cite

Kustini, K., & Oktaviani, T. R. (2015). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ”D” P2002 AKSEPTOR AKTIF SUNTIK 3 BULAN DENGAN MENOMETRORAGIA DI PUSKESMAS LAMONGAN TAHUN 2015. Jurnal Midpro, 7(2), 6 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v7i2.32