Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Penanganan Pertama Diare Pada Anak Usia 1-5 Tahun (Studi Kasus Di Polindes Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Tahun 2018)

Authors

  • Kustini Kustini

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.78

Abstract

Diare merupakan suatu kondisi di mana terjadi perubahan dalam kepadatan dalam kepadatan dan karakter tinja cair dan dikeluarkan tiga kali atau lebih perhari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang diare dengan penanganan pertama diare pada anak usia 1-5 tahun di Polindes Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

Desain penelitian ini merupakan Analitik korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang mempunyai balita usia 1-5 tahun yang balitanya  mengalami diare, sebanyak 74 orang. Pemilihan sampel dengan tehnik  sampling  Non  Probability  Sampling  tipe  Simple Random Sampling dengan sampel 34 orang dengan variabel independent pengetahuan ibu tentang diare dan variabel dependent penanganan pertama diare. Uji analisis dan penelitian ini adalah Spearman ro dengan tingkat kemaknaan ά 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai pengetahuan baik yaitu 16 orang (47%) dan sebagian besar responden mempunyai penanganan pertama yang benar yaitu 25 orang (73%).

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang diare dengan penanganan pertama diare pada anak usia 1-5 tahun. Untuk itu diharapkan ibu dapat mencegah dengan cara selalu hidup sehat maka anak yang sehat tidak terserang diare dan apabila terjadi diare maka dilakukan penanganan pertama diare pada anak dengan cara memberikan cairan oralit sehingga anak tidak sampai terjadi dehidrasi dan angka kematian balita karena diare dapat menurun.

Kata Kunci: pengetahuan tentang diare, penanganan pertama

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-01

How to Cite

Kustini, K. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Penanganan Pertama Diare Pada Anak Usia 1-5 Tahun (Studi Kasus Di Polindes Geger Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Tahun 2018). Jurnal Midpro, 10(2), 34–40. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i2.78