HUBUNGAN PENGETAHUAN ANTENATAL CARE DENGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN IBU HAMIL PADA KEHAMILAN TRIMESTER III DI BPM SRI MARYANI

Authors

  • Anggraini Dyah Setiyarini Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v11i1.86

Abstract

Pelayanan antenatal merupakan prosedur yang secara rutin dilakukan oleh petugas kesehatan dalam membina hubungan yang baik didalam proses pelayanan pada ibu hamil untuk deteksi dini, pengawasan selama kehamilan dan persiapan persalinan. Salah satu faktor yang kurang dimanfaatkan dalam pelayanan antenatal care antara lain rendahnya pengetahuan dan pemahaman ibu hamil.

Tujuan mengetahui hubungan pengetahuan antenatal care dengan kepatuhan kunjungan ibu hamil pada kehamilan trimester III di BPM Sri Maryani.

Metode penelitian menggunnakan pendekatan cross-sectional, pemilihan sampel dengan menggunakan total sampling. Sampel 3o responden. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner yang telah dibuat oleh peneliti dan diisi oelh responden. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS untuk dianalisi dengan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan dengan kategori baik 26,7% (8 Orang), cukup 66,7% (20 orang) dan kurang 6,7% (7 orang). Untuk kepatuhan kunjungan antenatal care kategori patuh 76,6% (23 orang) dan tidak patuh 23,3% (7 orang).

Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahuan antenatal care dengan kepatuhan kunjungan ibu hamil. Saran supaya meningkatkan mutu pelayanan kehamilan.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Kepatuhan, Pemeriksaan antenatal care

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Ayu Putri. 2014. Aplikasi Metodologi Peneliian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Nuha Medika.

Chaniago, Andrinof A. Dkk. 2015. Badan 2014. Laporan Pencapaian Tujuan Pembagungan Milenium di Indonesia. Jakarta : Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS).

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 2018. Profil Kesehatan Kabupaten Kediri. Surabaya : Badan Penerbit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Hardiani, R. S dan Purwanti, A. 2012. Motivasi danKepatuhan Kunjungan Antenatal Care (ANC) pada Ibu Hamil Trimester III Jurnal Keperawatan, 3(2), 184.

Indriyani, D. 2013. Keperawatan Maternanitas pada Area Peratawatan Antenatal. Jakarta Graha Ilmu.

Kemenkes RI. 2012. Petunjuk Kerja Pelayanan Antenatal Terpadu, Persalinan, dan Pasca Persalinan Terpadu. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, MCHIP-USAID.

Kemenkes RI. 2014. Health Statistics. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesi.

Lisnawati, L. 2013. Asuhan Kebidanan Terkini Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Megasari, Miratu dkk. 2015. Panduan Belajar Asuhan Kebidanan I. Yogayakarta : CV Budi Utama.

Pradono, J & Sulistyawati, N. 2014. Hubungan antara Tingkat Pendidikan, Pengetetahuan tentang Kesehatan Lingkungan, Perilaku Hidup Sehat dengan Status Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 17 (1), 91-93.

Salman, dkk. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Rendahnya K4 Ibu Hamil dan Ibu Nifas di Puskesmas Belawan Kabupaten Wajo. Jurnal Kesehatan, 1(6), 6.

World Health Organization Millenium Development Goal 5 Fact Sheet. www.who.int. [diakses tanggal 9 Mei 2016, pukul 14.00 WIB]

PlumX Metrics

Published

2019-06-15

How to Cite

Setiyarini, A. D. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN ANTENATAL CARE DENGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN IBU HAMIL PADA KEHAMILAN TRIMESTER III DI BPM SRI MARYANI. Jurnal Midpro, 11(1), 26–30. https://doi.org/10.30736/midpro.v11i1.86