HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI PADA IBU NIFAS UNTUK MENYUSUI BAYINYA DENGAN KEJADIAN BENDUNGAN ASI (Studi Di BPS Yuliana, Amd. Keb. Kabupaten Lamongan 2016)

Authors

  • Husnul Muthoharoh Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v9i1.18

Abstract

Bendungan ASI merupakan pembendungan air susu karena penyempitan duktus laktiferus atau kelenjar – kelenjar payudara tidak dikosongkan dengan sempurna atau karena kelainan pada puting susu. Dengan adanya motivasi dari Ibu dan dorongan dari suami atau keluarga diharapkan ibu mau menyusui bayinya sendiri, sehingga ibu bisa memberikan ASI dan tidak terjadi bendungan ASI.

Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 24 ibu nifas diambil dengan cara random sampling. Variabel independennya adalah motivasi sedangkan variabel dependennya adalah kejadian bendungan ASI. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan lembar check list. Dan dianalisis dengan tabel data menggunakan uji koefisien phi.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang mempunyai motivasi baik hampir seluruhnya tidak terjadi bendungan ASI dan responden yang motivasinya kurang hampir bisa terjadi bendungan ASI. Didapat hasil dengan X2 hitung (Value) = 4,854 dan Ï = 0,02. Kemudian bila Ï â‰¤ α (0,02 ≤ 0,05) dan X2 hitung ≥ X2 tabel (4,854 ≥ 3,481).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi pada ibu nifas untuk menyusui bayinya dengan kejadian bendungan ASI.

Diharapkan bagi ibu nifas untuk mempunyai motivasi dalam menyusui bayinya dan diharapkan bidan sebagai tenaga kesehatan serta pihak keluarga, terutama suami mampu memberikan perhatian pada ibu agar mau menyusui bayinya.

Keywords: motivasi, nifas, bendungan ASI

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Muthoharoh, H. (2018). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI PADA IBU NIFAS UNTUK MENYUSUI BAYINYA DENGAN KEJADIAN BENDUNGAN ASI (Studi Di BPS Yuliana, Amd. Keb. Kabupaten Lamongan 2016). Jurnal Midpro, 9(1), 11 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v9i1.18

Most read articles by the same author(s)