HUBUNGAN PANTANG MAKANAN PADA IBU NIFAS DENGAN PERCEPATAN INVOLUSI UTERUS PADA HARI KE 7 POST PARTUM

Authors

  • Husnul Muthoharoh

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.59

Abstract

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh ibu nifas tidak hanya sekedar makanan tapi harus mengandung zat-zat tertentu sehingga dapat memenuhi fungsinya dan zat-zat ini disebut gizi. Gizi yang baik merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat proses involusi. Proses involusi merupakan suatu proses kembalinya alat-alat reproduksi ke bentuk semula sebelum kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Pantang Makanan Pada Ibu Nifas Dengan Percepatan Involusi Uterus Pada Hari Ke 7 Post Partum di BPS. Anis Supriyadi, Amd. Keb. Desa Sumberejo Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan.

Desain penelitian studi korelasi dengan pendekatan Kohort. Populasi penelitian adalah seluruh ibu nifas yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 30 orang dan besar sampel 28 orang. Pemilihan sampel dengan tehnik sampling Probability Sampling tipe Simple Random Sampling.

Hasil uji statistik chi square dengan hasil ï£2 hitung (17,93) > ï£2 tabel (3,841). Yang artinya H0 ditolak berarti ada hubungan antara pantang makanan pada ibu nifas dengan percepatan involusi uterus pada hari ke-7 post partum. Tingkat kemaknaan dalam penelitian ini adalah α ï‚£ 0,05 artinya bila nilai α ï‚£ 0,05 maka Ho ditolak berarti ada singnifikan atau hubungan yang bermakna antara variable yang diukur. Bila nilai α  0,05 maka H0 diterima artinya tidak ada hubungan yang bermakna antara variabel yang diukur.

Oleh karena itu ibu nifas hendaknya lebih memahami tentang pantang makanan selama masa nifas. Diharapkan bidan sebagai tenaga kesehatan mampu melakukan pendekatan dan penyuluhan secara periodik sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar tentang bahaya pantang makanan selama masa nifas.


Kata kunci: Pantang Makanan, Proses Involusi, Ibu Nifas

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-07-16

How to Cite

Muthoharoh, H. (2018). HUBUNGAN PANTANG MAKANAN PADA IBU NIFAS DENGAN PERCEPATAN INVOLUSI UTERUS PADA HARI KE 7 POST PARTUM. Jurnal Midpro, 10(1), 32–40. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.59

Most read articles by the same author(s)