STUDI PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG TANDA BAHAYA SELAMA MASA NIFAS (Di Desa Pomahan Janggan, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan 2015)

Authors

  • Husnul Muthoharoh Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v8i1.6

Abstract

Masa nifas adalah masa sesudah persalinan dan kelahiran bayi, plasenta, serta selaput yang diperlukan untuk memulihkan kembali organ kandungan seperti sebelum hamil dengan waktu kurang lebih 6 minggu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu nifas tentang tanda bahaya selama masa nifas di Desa Pomahan Janggan, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan menggunakan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Sampling diambil dari jumlah populasi yaitu 15 ibu nifas dengan menggunakan alat ukur kuesioner.

Hasil penelitian didapatkan masih banyak ibu nifas yang memiliki pengetahuan yang kurang tentang tanda bahaya masa nifas yaitu sebanyak 8 responden. Ibu nifas yang memiliki pengetahuan cukup sebanyak 4 responden dan ibu nifas yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 3 responden.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan ibu nifas tentang tanda bahaya masa nifas masih kurang.

Dari penelitian diatas diharapkan ibu nifas lebih peka dalam mendeteksi tanda bahaya selama masa nifas. Selain itu bagi petugas kesehatan agar mengoptimalkan perannya sebagai konselor sehingga pengetahuan ibu nifas bisa lebih baik dan bisa mencegah komplikasi selama masa nifas.

Keywords: Pengetahuan, ibu nifas, tanda bahaya

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Muthoharoh, H. (2018). STUDI PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG TANDA BAHAYA SELAMA MASA NIFAS (Di Desa Pomahan Janggan, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan 2015). Jurnal Midpro, 8(1), 5 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v8i1.6

Most read articles by the same author(s)