Pemanfaatan Konsorsium Bakteri Lactobacillus sp untuk Proses Pengolahan Minyak dan Lemak pada Grease Trap dan Sequencing Batch Reactor

Authors

  • Syahrul Romadon Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Novirina Hendrasarie Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30736/7ijev.v7iss2.560

Keywords:

grease trap, sequencing batch reactor, konsorsium mikroorganisme, minyak dan lemak, limbah cair rumah makan

Abstract

Kandungan minyak dan lemak pada limbah cair rumah makan merupakan salah satu pencemar yang sulit dihilangkan. Limbah cair rumah makan dipilih karena karakteristik pencemar COD, minyak lemak, nitrogen, dan fosfat yang tinggi. Penelitian ini memanfaatkan konsorsium bakteri Lactobacillus untuk mendegradasi minyak dan lemak pada limbah rumah cair makan menggunakan reaktor pengolahan air limbah. Reaktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Grease Trap dan Sequencing Batch Reactor. SBR dipilih karena efektivitasnya yang tinggi dengan ketahanan terhadap shock loading, fleksibilitas operasional, hemat lahan, serta mudah dikombinasikan dengan pengolahan lainnya.  Konsorsium Bakteri pendegradasi minyak dan lemak diaplikasikan pada Grease Trap secara aerobik. Perbedaan perlakuan seperti waktu retensi hidraulik (HRT) dan debit aerasi diberikan untuk mengetahui kondisi optimal reaktor SBR. Kombinasi grease trap dan SBR memberikan perbedaan kondisi aerobik dan anaerobik sehingga berpengaruh signifikan dalam penyisihan parameter pencemar. Aktivitas mikroorganisme dianalisis untuk mengetahui efektivitas penyisihan beban pencemar air limbah, khususnya minyak dan lemak, yang berdampak juga pada parameter COD, total nitrogen, fosfat, dan sTSS. Hasil akhir pada penelitian ini, pada waktu tinggal 24 jam, debit aerasi 14 L/menit, konsorsium bakteri Lactobacillus sp mampu menyisihkan minyak dan lemak sebesar 97.42%. dibandingkan Grease Trap konvensional sebesar 84.54%. Penambahan konsorsium bakteri Lactobacillus, memberikan dampak efektivitas penurunan zat pencemar lainnya lebih tinggi.

Kata kunci: grease trap, sequencing batch reactor, konsorsium mikroorganisme, minyak dan lemak, limbah cair rumah makan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syahrul Romadon, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, UPN "Veteran" Jawa Timur

References

Hendrasarie N. Mengolah Limbah Cair Domestik di Lahan Sempit. 1st ed. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara (PMN), Surabaya; 2019. 83 p.

Syochwan I. Optimasi Durasi Siklus dan Aerasi pada IPAL Sequencing Batch Reactor (SBR) melalui Simulasi Model menggunakan Software GPS-X. Universitas Islam Indonesia; 2021.

Gupta SK, Ramakrishnan A, Hung YT. Sequencing batch reactors. Handb Environ Waste Manag Air Water Pollut Control. 2012;511–62.

Peter, Wilderer, L R, Irvine, Goronszy MC. Sequencing Batch Reactor Technology [Internet]. 10th ed. London: IWA Publishing; 2001. 93 p. Available from: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Septiana I. Pengaruh Variasi Beban Dalam Mengolah Air Limbah Rumah Pemotongan Ayam Menggunakan Gas-Sbr. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.

Bunga O. Gas- Sequencing Batch Reactor Sebagai Teknologi Pengolahan Air Limbah Rumah Pemotongan Ayam. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.

Zaharah TA, Nurlina N, Moelyani RR. Reduksi Minyak, Lemak, dan Bahan Organik Limbah Rumah Makan Menggunakan Grease Trap Termodifikasi Karbon Aktif. J Pengelolaan Lingkung Berkelanjutan (Journal Environ Sustain Manag. 2018;1(3):25–32.

Yadaturrahmah II, Hendrasarie N. Pengaruh Penambahan Impeller Pada Fase Aerobik Terhadap Efisiensi Kinerja Sequencing Batch Reactor Pada Limbah Cair Industri Tahu. J Envirotek. 2021;13(1):7–13.

Brata MYCN. Efektifitas Sequencing Batch Reactor Continuous Flow Untuk Mengolah Limbah Cair Rumah Makan. UPN “Veteran†Jawa Timur; 2021.

Singh A, Srivastava A, Saidulu D, Gupta AK. Advancements of sequencing batch reactor for industrial wastewater treatment: Major focus on modifications, critical operational parameters, and future perspectives. J Environ Manage. 2022 Sep 1;317:115305.

Kawuri R, Darmayasa IBG. Potensi Bakteri sebagai Biodegradasi Lemak dan Minyak pada Lingkungan yang Tercemar Limbah Domestik. J Metamorf. 2022;9(1):184–9.

Wahyuni S, Amin TS, Daulay AS, Zebua MZ. Eksplorasi Dan Identifikasi Mikroba Penghasil Enzim Amilase Dan Lipase Dari Olahan Produk Makanan Dan Minuman. Pros Semin Has Penelit. 2021;339–45.

Sekarani FA, Hendrasarie N. Reduction of Organic Parameters in Apartment Wastewater using Sequencing Batch Reactor by adding Activated Carbon Powder. IOP Conf Ser Earth Environ Sci. 2020;506(1).

Haque EA. Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit Dengan Sistem Lumpur Aktif Model SBR Skala Laboratorium. Institut Teknologi Sepuluh Nopember; 2017.

Kusna OL. Isolasi Bakteri Pendegradasi Hidrokarbon sebagai Penghasil Enzim Lipase dan Protease dari Tanah Tercemar Minyak Bumi di Kecamatan Wonocolo Kabupaten Bojonegoro. Vol. 1, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2022.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-30

How to Cite

Romadon, S., & Hendrasarie, N. (2023). Pemanfaatan Konsorsium Bakteri Lactobacillus sp untuk Proses Pengolahan Minyak dan Lemak pada Grease Trap dan Sequencing Batch Reactor. Jurnal EnviScience (Environment Science), 7(2), 155–164. https://doi.org/10.30736/7ijev.v7iss2.560

Issue

Section

Artikel