ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF BBL PADA BY”I” DENGAN BBLR HARI KE-2 DI RSI NASHRUL UMMAH LAMONGAN TAHUN 2015

Authors

  • Ida Susila
  • Dini Novia Sari

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v7i1.35

Abstract

Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) merupakan bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari 2500 gram. Di RSI Nashrul Ummah Lamongan masih terdapat bayi baru lahir dengan BBLR sebesar (8,98%).

Metode yang dipakai dalam penyusunan laporan tugas akhir ini deskriptif observasi yang dilaksanakan dengan pendekatan kohort mulai dari kehamilan sampai kontrasepsi diperoleh melalui wawancara, pengkajian data primer, skunder, pemeriksaan fisik, penunjang dan dilakukan pendokumentasian standar kebidanan SOAP.

Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir dengan berat bayi lahir rendah terdapat kesenjangan pada data obyektif untuk pemeriksaan neurologi.

Berdasarkan hasil dari asuhan kebidanan pada bayi baru lahir dengan berat bayi lahir rendah, dilakukan pemeriksaan reflek-reflek neurologi dengan hasil pada reflek menelan, menghisap dan reflek mengangkat leher masih lemah. Sedangkan pada teori mengatakan bahwa semua reflek neurologi lemah pada bayi dengan berat lahir rendah.

Keywords: BBL, BBLR, Hari ke-2

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2015-06-01

How to Cite

Susila, I., & Sari, D. N. (2015). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF BBL PADA BY”I” DENGAN BBLR HARI KE-2 DI RSI NASHRUL UMMAH LAMONGAN TAHUN 2015. Jurnal Midpro, 7(1), 5 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v7i1.35