PENGARUH SENAM HAMIL PADA PERSALINAN IBU MULTIGRAVIDA

Authors

  • Ida Susila
  • Niesa Hayu Rizkiyani

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.54

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan. Angka kematian ibu juga merupakan salah satu target yang telah ditentukan dalam tujuan SDGs. Menurut Bowo, kematian ibu dapat dicegah hingga 22% yaitu melalui Ante Natal Care (ANC) yang teratur, mendeteksi dini adanya komplikasi dalam kehamilan, hidup secara sehat dengan pemenuhan gizi yang seimbang, pelaksanaan inisiasi menyusui dini dalam persalinan, serta pelaksanaan senam hamil secara teratur. Maka berdasarkan fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman persalinan dan penerapan senam hamil pada ibu multigravida.

Desain penelitian adalah deskriptif, yang dilaksanakan di RSI Jemursari-Surabaya. Populasinya adalah seluruh ibu hamil multigravida yang menerapkan senam hamil sebanyak 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan analisis data dengan menggunakan distribusi frekuensi dan tabel silang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 ibu hamil multi gravida mayoritas tingkat pendidikan terakhirnya lulusan PT atau sarjana sebanyak 7 orang (70 %). Bila dilihat dari segi pekerjaan mayoritas pekerjaan ibu hamil multigravida IRT sebanyak 5 orang (50 %). Sedangkan pengalaman persalinan ibu hamil multigravida mayoritas baik yaitu sebanyak 6 orang (60 %). Dan penerapan senam hamil pada ibu multigravida seluruhnya teratur yaitu sebanyak 10 orang (100 %).

Mayoritas ibu hamil multigravida yang menerapkan senam hamil dengan teratur serta memiliki pengalaman persalinan baik yaitu sebanyak 6 orang (100 %). Adapun saran yang harus diperhatikan oleh petugas kesehatan adalah sosialisasi dan meningkatkan mutu dengan menyediakan fasilitas senam hamil karena senam hamil sudah terbukti mampu membantu kelancaran proses persalinan.

Kata Kunci: Pengalaman persalinan, Penerapan senam hamil ibu multigravida.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-07-16

How to Cite

Susila, I., & Rizkiyani, N. H. (2018). PENGARUH SENAM HAMIL PADA PERSALINAN IBU MULTIGRAVIDA. Jurnal Midpro, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.30736/midpro.v10i1.54