HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG SEKS SELAMA KEHAMILAN DENGAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS SELAMA MASA KEHAMILAN

Authors

  • Fitriana Ikhtiarinawati Fajrin Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v8i1.1

Abstract

Selama ini masih banyak ibu hamil yang mengalami rendahnya pengetahuan tentang seks selama masa kehamilan. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan intrinsik (sifat kepribadian, bakat pembawaan, intelegensial) dan ekstrinsik (lingkungan, pendidikan, agama). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan ibu hamil tentang seks selama masa kehamilan dengan  melakukan hubungan seks selama masa kehamilan.

Desain penelitian ini menggunakan Analitik dengan jenis rancangan cross Sectional. Dengan sample sebanyak 50 ibu hamil. Penelitian dilakukan di polindes Desa Jabung kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. pada bulan Mei-Juli 2015. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner tertutup, pengolahan data dengan scoring, tabulating, editing, coding kemudian diprosentasi dan dianalisis menggunakan uji  koefisien phi dengan tingkat kemaknaan 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pengetahuan ibu hamil tentang seks selama masa kehamilan dengan  melakukan hubungan seks selama masa kehamilan adalah x2 hitung = 17,779 dan p = 0,001 artinya H1 diterima. Artinya terdapat hubungan pengetahuan ibu hamil tentang seks selama kehamilan dengan  melakukan hubungan seks selama masa kehamilan.

Keywords: Pengetahuan, seks pada masa kehamilan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Fajrin, F. I. (2018). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG SEKS SELAMA KEHAMILAN DENGAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS SELAMA MASA KEHAMILAN. Jurnal Midpro, 8(1), 9 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v8i1.1

Most read articles by the same author(s)