GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG TANDA-TANDA BAHAYA KEHAMILAN BERDASARKAN USIA, PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN DI BPS SULASTINI A.Md.Keb

Authors

  • Fitriana Ikhtiarinawati Fajrin Diploma III Kebidanan

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang tanda-tanda bahaya kehamilan berdasarkan usia. 2) Mengidentifikasi pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang tanda-tanda bahaya kehamilan berdasarkan pendidikan. 3) Mengidentifikasi pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang tanda-tanda bahaya kehamilan berdasarkan pekerjaan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Deksriptif Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester III yang memeriksakan kehamilannya pada bulan Maret - Mei 2017di BPS Sulastini A.Md.Keb. Desa Masaran, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan:1). Pengetahuan ibu hamil trimester III tentang tanda-tanda bahaya kehamilan berdasarkan usia, sebagian besar usia reproduksi sehat (20-35 tahun) memiliki pengetahuan baik. 2). Pengetahuan ibu hamil trimester III tentang tandatanda bahaya kehamilan berdasarkan pendidikan, sebagaian besar pendidikan menengahpengetahuan baik. 3). Pengetahuan ibu hamil trimester III tentang tanda-tanda bahaya kehamilan berdasarkan pekerjaan, sebagian besar responden yang bekerja dengan pengetahuan baik. Simpulan dari penelitian ini adalah usia, pendidikan dan pekerjaan ibu berpengaruh terhadap pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda bahaya kehamilan TM III.

Keywords: Tanda-tanda bahaya kehamilan, Usia, Pendidikan, Pekerjaan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-06-07

How to Cite

Fajrin, F. I. (2018). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG TANDA-TANDA BAHAYA KEHAMILAN BERDASARKAN USIA, PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN DI BPS SULASTINI A.Md.Keb. Jurnal Midpro, 9(2), 7 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v9i2.25

Most read articles by the same author(s)