HUBUNGAN DISIPLIN WAKTU DALAM PEMAKAIAN PIL KB KOMBINASI DENGAN KEGAGALAN AKSEPTOR

Authors

  • Fitriana Ikhtiarinawati Fajrin
  • Lilis Oktaviani

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v6i2.41

Abstract

Kegagalan kontrasepsi saat ini masih menjadi fenomena, Pil KB kombinasi tingkat kegagalannya 0,1% jika diminum setiap hari. Desain penelitian observasional dengan rancang bangun analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi akseptor pil KB kombinasi sebanyak 45 orang. Sampel 41 orang dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen kuesioner dan rekam medik. uji Koefisien korelasi phi dan tingkat signifikasi (p £ 0,05).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh akseptor tidak mengalami kegagalan yaitu 82.9% dan disiplin waktu dalam pemakaian pil KB kombinasi yaitu 85.4%. sedangkan akseptor yang tidak disiplin waktu dan mengalami kegagalan yaitu 83,3%. Tingkat kemaknaan sebesar p = 0,000 dan diperoleh hasil r Ø = 0, 729. Kesimpulan ada hubungan disiplin waktu dalam pemakaian pil KB kombinasi dengan kegagalan akseptor pil KB kombinasi. Maka konseling adekuat tentang cara pemakaian pil KB kombinasi dapat menurunkan angka kegagalan pil KB kombinasi.

Keywords: Kegagalan, Disiplin, Pil KB Kombinasi

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2014-12-01

How to Cite

Fajrin, F. I., & Oktaviani, L. (2014). HUBUNGAN DISIPLIN WAKTU DALAM PEMAKAIAN PIL KB KOMBINASI DENGAN KEGAGALAN AKSEPTOR. Jurnal Midpro, 6(2), 6 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v6i2.41

Most read articles by the same author(s)