ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA Ny “S” GI P0000 TRIMESTER III DENGAN LETAK SUNGSANG DI RSI NASHRUL UMMAH LAMONGAN TAHUN 2015

Authors

  • Fitriana Ikhtiarinawati Fajrin
  • Kholidah Ziah

DOI:

https://doi.org/10.30736/midpro.v7i1.34

Abstract

Kehamilan letak sungsang merupakan keadaan dimana janin terletak memanjang dengan kepala di fundus uteri dan bokong berada dibawah kavum uteri. Di RSI Nashrul Ummah Lamongan masih terdapat angka kehamilan letak sungsang sebesar 12,5%.

Metode yang dipakai dalam penyusunan laporan penelitian ini deskriptif  observasi yang dilaksanakan dengan pendekatan kohort mulai dari kehamilan sampai kontrasepsi diperoleh melalui wawancara, pengkajian data primer, sekunder, pemeriksaan fisik, penunjang dan dilakukan pendokumentasian standar asuhan kebidanan SOAP.

Hasil asuhan kebidanan pada Ny “S†GI P0000 trimester III dengan letak sungsang terdapat kesenjangan pada data subjektif untuk paritas ibu dan versi luar alami dengan gerakan sujud.

Berdasarkan hasil studi kasus diperoleh data bahwa pada paritas ibu, multigravida tidak selalu menjadi faktor penyebab letak sungsang, faktor penyebab letak sungsang antara lain fiksasi kepala pada pintu atas panggul tidak baik, janin mudah bergerak, gemelli, janin sudah lama mati dan kelainan uterus. Sedangkan pada versi luar alami dengan gerakan sujud tidak selalau berhasil untuk merubah posisi sungsang menjadi kepala.


Keywords: Letak sungsang, gravida, trimester III

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-05-23

How to Cite

Fajrin, F. I., & Ziah, K. (2018). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA Ny “S” GI P0000 TRIMESTER III DENGAN LETAK SUNGSANG DI RSI NASHRUL UMMAH LAMONGAN TAHUN 2015. Jurnal Midpro, 7(1), 5 Halaman. https://doi.org/10.30736/midpro.v7i1.34

Most read articles by the same author(s)